Statusternate.com – Media asing channelnewsasia (CNA) yang berpusat di singapore menyoroti Indeks kebahagiaan Provinsi Maluku Utara.

Ini karena, data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) menempatkan Maluku Utara di urutan pertama Provinsi paling bahagia.

Dalam laporannya, CNA menyaksikan langsung kebahagiaan warga di Halmahera Timur. Media asing tersebut melihat kegotong royongan warga dalam membantu truk yang terbalik dan memblokir jalan.

Meski kecelakaan, orang-orang tampak dengan senang hati membantu. Adegan seperti itu, ungkap CNA tidak jarang terjadi di Maluku Utara.

Menurut laporan yang dirilis Badan Pusat Statistik pada Juni lalu, indeks kebahagiaan provinsi ini berada di angka 76,34 poin dari 100. Skor Maluku Utara merupakan yang tertinggi di antara semua provinsi. 

Semakin tinggi skornya, semakin bahagia orang tersebut, menurut indeks. Badan statistik Indonesia mendefinisikan kebahagiaan terdiri dari tiga komponen utama, yaitu: kepuasan hidup, kasih sayang dan makna hidup.

Ini mensurvei 75.000 rumah tangga pada bulan Juli dan Agustus 2021 di seluruh 34 provinsi di negara itu. Parlemen kemudian menyepakati pembentukan empat provinsi baru.

Khusus di Maluku Utara, survei dilakukan di seluruh kabupatennya dengan melibatkan 1.040 rumah tangga. Populasi provinsi ini mencapai 1,3 juta.

Setelah Maluku Utara, provinsi Kalimantan Utara dan Maluku masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga dalam indeks tersebut.

Ada 10 indikator dalam indeks kebahagiaan. Perumahan, pendapatan, pekerjaan, masyarakat dan pendidikan diukur. Indikator lain yang diukur meliputi lingkungan, kesehatan, kepuasan hidup, keselamatan dan keseimbangan kehidupan kerja. 

Badan Pusat Statistik juga merilis indeks kebahagiaan tahun 2014 dan 2017. Namun, metodologi yang digunakan berbeda. Pada tahun 2017, Maluku Utara juga menempati posisi teratas dengan skor 75,68 dari 100.

Dengan pendekatan hidup yang santai dan ekonomi yang kuat, keadaan tampak cerah bagi masyarakat Maluku Utara. Namun masih banyak tantangan pembangunan yang perlu diatasi.

Berikut ini luputan lengkapnya

Video selengkapnya :