Statusternate.com – Berhubungan intim merupakan aktivitas yang wajar dilakukan bagi pasangan suami istri. Bahkan di dalam Islam, berhubungan intim dengan pasangan sah dinilai ibadah dan mendapat pahala.

Terlepas dari itu, manfaat berhubungan suami istri bisa menambah keharmonisan dan kemesraan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Selanjutnya, agar aktivitas seksual ini semakin berkah dan memberikan manfaat maka seorang Muslim dianjurkan membaca doa sebelum berhubungan suami istri. Doa sebelum berhubungan suami istri dibaca agar dijauhkan dari gangguan setan. Doa ini juga sebagai ikhtiar untuk mendapatkan keturunan yang baik.

Lantas bagaimana bacaan doa sebelum berhubungan suami istri? Cari tahu jawaban selengkapnya di bawah ini.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Suami Istri?

Imam Ghozali dalam Kitab Ihya Ulumuddin menyebutkan, berhubungan suami istri boleh dilakukan empat hari sekali tergantung kebutuhan. Sebagian ulama ada yang menyunahkan berjimak pada hari Jumat.

Ada pula ulama yang menghukumi makruh untuk berhubungan suami istri pada awal bulan, tengah bulan, dan akhir bulan. Disebutkan bahwa setan akan menghadiri jimak yang dilakukan pada malam-malam tersebut.

Selain itu, ada juga ulama yang menyunahkan berhubungan suami istri pada hari dan malam Jumat sebagai hasil tahqiq terhadap salah satu dari dua ta’wil dari sabda Rasulullah SAW:

” Allah akan merahmati orang yang mencuci dan mandi (pada hari Jumat). Dan jika suami ingin berhubungan badan dengan istrinya untuk yang kedua kali, maka hendaknya ia mencuci kemaluannya.”

Tak hanya itu, waktu yang dimakruhkan untuk berhubungan suami istri adalah pada awal malam sampai ia tidak tidur kecuali dalam kondisi tidak suci. Maka dari itu jika ingin tidur atau makan setelah berhubungan intim, hendaknya seorang muslim berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu untuk sholat.

Amalan Sunnah Sebelum Berhubungan Suami Istri

Tak hanya mengetahui waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri seperti yang dipaparkan di atas, sebagai Muslim kita juga perlu mengetahui amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukannya. Berikut amalan sunnah yang perlu dilakukan sebelum berhubungan suami istri:

  1. Membaca basmalah.
  2. Membaca surat Al-Ikhlash.
  3. Membaca kalimat akbir dan tahlil.
  4. Membaca doa sebelum berhubungan suami istri.
  5. Memakai penutup atau selimut.
  6. Hindari menghadap ke arah kiblat.
  7. Memulai dengan kecupan mesra.