Statusternate.com – Peristiwa kebakaran tangki minyak di PLN Soasio yang berada di Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, pada Rabu, 04 Januari 2023 tidak menimbulkan kerugian, secara material maupun korban jiwa.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Ternate Eka Panji Saptaprasetya, mengatakan pembangkit listrik yang berada di ex PLTD Goto, Soasio yang berada di Kelurahan Tomagoba sudah lama tidak beroperasi sejak tahun 2016.

Tangki yang berada di lokasi setempat tersisa satu tangki, berkapasitas 100 KL, yang didalamnya sudah tidak berisi BBM.

“Sebelumnya tangki itu terisi BBM kurang lebih 6 ton, tapi sebelum kebakaran, BBM tersebut sudah dipindahkan ke PLTU Tidore untuk kegiatan operasional. Jadi tangki itu sudah kosong, dan mungkin masih terdapat uap BBM yang tersisa dari sisa BBM sebelumnya, sehingga kemungkinan saat proses pemotongan plat tangki menggunakan las, terdapat percikan api yang menyulut gas tersebut. Kalau tangki itu berisi BBM, pastinya pada saat kebakaran itu akan melebar,” katanya, dalam keterangan tertulis kepada statusternate.com, Jumat (6/1)

Baca Juga : Tangki Minyak PLN Soasio Terbakar Hebat

Pihak PLN berencana untuk memindahkan tangki tersebut ke PLTD Bacan.

Eka menyebutkan bahwa untuk korban jiwa dan kerugian material sejauh ini tidak ada, karena semua pembangkit listrik sudah dipindahkan.

“Saya meminta maaf kepada masyarakat, dengan adanya peristiwa kebakaran tersebut yang sempat membuat kepanikan. Kita juga menjadikan peristiwa ini sebagai bahan evaluasi, sehingga kedepan tidak terjadi hal yang sama.”