Ternate – Upacara peringatan Hari Jadi Ternate (HAJAT) Ke-772 Tahun 2022, di gelar Kamis (29/12) berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Ternate, jalan Revolusi nomor 1. Seluruh peserta upacara menggunakan baju adat Ternate dan menggunakan bahasa daerah Ternate.

Hari Jadi Ternate Ke-772 Tahun 2022 mengangkat tema “Berkolaborasi Kreatif dan Inovatif Menuju Pemulihan Ekonomi”. Sementara penggunaan pakaian adat dan bahasa daerah Ternate, menunjukkan komitmen pemerintah Kota Ternate untuk terus melestarikan budaya Ternate.

Pada Upacara peringatan HAJAT Ke-772, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara sedangkan Pemimpin upacara yakni Camat Pulau Hiri Irwan Bakar, SH yang digelar di Halaman Kantor Wali Kota Ternate (29/12/22).

Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Wakil Ketua 1 TP PKK Ny. Lily Jasri, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Nurjana K. Jusuf Sunya, Para Pimpinan Organisasi Perempuan di Kota Ternate, Para Asisten, Staf Ahli, dan Para Kepala OPD serta diikuti oleh Para ASN di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan, sesuai tema HAJAT 771, Melalui kolaborasi kreatif dan inovatif Pemerintah Kota Ternate terus melakukan berbagai upaya kebijakan pemulihan ekonomi, mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

BACA JUGA  Sampah Menggunung, Korem 152 Baabullah Ternate Turun Tangan

“Melalui kebijakan pemulihan ekonomi, distribusi bantuan penunjang usaha, operasi pasar murah serta berbagai program ekonomi kreatif diharapkan dapat berpengaruh positif bagi upaya peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat,” ucap Wali Kota.

Wali Kota menambahkan bahwa kolaborasi kreatif dan inovatif merupakan manifestasi dari semangat gotong royong yang hidup dan tumbuh di tengah masyarakat Kota Ternate, yang dikenal dengan budaya “BARI”.

“Para leluhur kita telah mengajarkan kepada kita sebuah wujud budaya tak benda yang merupakan wujud kearifan sosial untuk berkumpul dan bekerja sama bergotong royong membangun negeri dalam bingkai “Ma Co Ou Kaha Kie Se Kolano” atau mengabdi kepada negeri tercinta Moloku Kie Raha dan Ternate yang kita cintai bersama,” tegasnya.

Wali Kota bilang, HAJAT ke 772 juga harus menjadi momentum bagi kita masyarakat Ternate untuk melakukan refleksi, perenungan, sekaligus menerjemahkan makna perjuangan para leluhur untuk diwujudkan dalam pembangunan Ternate.

“Kita semua, sebagai warga Ternate haruslah mengikat tatanan perilaku dengan nilai-nilai Kie Se Gam Magugugu ma Titi Tomdi didalamnya terdapat Adat Se Atoran, Istiadat Se Kabasarang, Galih se Lakudi, Ngale se Cara, Sere se Duniru, Cing se Cingari dan Bobaso se Rasai, seperti halnya dengan terminology Tara No Ate, turun dan merangkul semua orang tanpa memandang golongan dari manapun,” jelasnya.

BACA JUGA  Sampah Menggunung, Korem 152 Baabullah Ternate Turun Tangan

Diakhir sambutannya, Wali Kota mengucapkan Selamat Hari Jadi Ternate Ke 772 Tahun 2022, beliau berharap semoga dengan bertambahnya usia Ternate, akan semakin meningkatkan motivasi bersama untuk lebih giat membangun Ternate jauh lebih baik lagi untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

Usai upacara Wali Kota Ternate menyerahkan penghargaan kepada OPD yang masuk nominasi penilaian Innovative Government award (IGA) Kota Ternate Tahun 2022 yakni yang pertama Dinas Kesehatan dengan Ojek Kesling Kota Ternate (Operator Jamban Edukatif & Kreatif) Kesling Kota dan Strategi Akselerasi Gerakan DOTI SEHAT (Dapati, Obati, Sembuh dan Sehat), yang kedua Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan TITIAN (Ternate Impian Tiap Anak) serta yang ketiga yaitu Satpol PP dengan To’Lapor (Torang Layani Ngoni Pe Laporan).

Selanjutnya, diserahkan juga penghargaan untuk sekolah Adiwiyata Kota Ternate yakni SMPN 2 Ternate sebagai juara pertama dan SMPN 13 Kota Ternate sebagai juara 2, selain itu Wali Kota juga memberikan bantuan sosial pembayaran rekening listrik dan bantuan sosial usaha ekonomi produktif berupa peralatan produksi rumahan kepada keluarga penerima manfaat.

Upacara tersebut juga diramaikan dengan tarian kolosal daerah. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)