Stok Membeludak, Pembudidaya Begonia Rex Jual Paket Hemat Secara Online

KEMPALAN: SAAT ini merupakan waktu terbaik bagi penggemar Begonia Rex untuk melakukan aksi borong. Sebab, .

Stok Membeludak, Pembudidaya Begonia Rex Jual Paket Hemat Secara Online

KEMPALAN: SAAT ini merupakan waktu terbaik bagi penggemar Begonia Rex untuk melakukan aksi borong. Sebab, petani Begonia Rex yang berasal dari Sumatera Utara –khususnya di Kabupaten Berastagi — kini cenderung menurunkan harga jualnya.

“Sejak masuk Bulan Ramadhan yang lalu, penjualan memang menurun. Di sisi lain, pasokan Begonia Rex melimpah,” komentar Eliakim Ginting, SPd, salah seorang pembudidaya Begonia Rex di Dusun III Tongkoh, Kabupaten Berastagi.

Dalam sebulan sebelum Bulan Ramadhan, Eliakim paling sedikit sanggup menjual 200-an pot Begonia Rex ke Sumatera Utara dan Aceh. “Sekarang omsetnya melorot,” kata lelaki 50 tahun itu, serius.

Hal yang sama diungkapkan oleh pembudidaya lain di Tongkoh (Berastagi), Martalina Ginting. “Pasokan sekarang meluber, tetapi jumlah pembelinya menurun,” katanya, blak-blakan.

Moch Taufiq.

Biasanya dia sanggup menjual minimal 300 pot hingga ke Sulawesi dan Kalimantan. Ketika itu saking kebanjiran order, dia terpaksa meminta pasokan dari petani lain di Tongkoh juga. Harga jualnya masih normal. Ukuran dewasa mulai Rp 190 ribu, kecuali varian Super Red, Ice Cream, dan Pink Beauty yang ukuran dewasanya dibanderol mulai Rp 600 ribu. “Sekarang angka penjualan menurun hingga separohnya,” ucapnya.

Namun, lanjut Martalina, omset Begonia Rex akan kembali meroket beberapa bulan setelah Lebaran. Puncaknya menjelang Hari Raya Natal hingga Tahun Baru. “Tanaman hias lainnya juga mengalami penurunan omset yang sama begitu menginjak Bulan Puasa,” ujar dia.

Itulah sebabnya untuk mengatrol penjualan, Eliakim dan Martalina berani memberikan bonus kepada pembelinya. Martalina, biasanya memberikan bonus 10 batang untuk setiap pembelian 100 batang. “Ini berlaku kelipatannya, lho,” ucapnya.

“Saya pikir sah-sah saja, jika kami memberikan bonus untuk pembelian grosir,” tambah Eliakim. Selain itu, lanjutnya, beberapa pembudidaya besar di Berastagi –yang memang dikenal sebagai pemasok Begonia Rex terbesar di Indonesia– banyak yang menawarkan tanaman hiasnya tersebut dengan sistem paket. Ukuran anak, misalnya, ada yang memasang harga hanya Rp 230 ribu untuk 12 batang Begonia Rex.

Harus Jeli
Sementara itu Moch Taufiq, pengelola akun komunitas Begonia Club di FB, berpendapat penggemar tanaman hias lebih diuntungkan pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Banyak pembudidaya besar yang menurunkan harga jual Begonia Rex. Nah, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk aksi borong,” katanya.

Berdasarkan pantauannya di media sosial, ada seorang pembudidaya besar di Jawa Tengah yang hanya mematok harga Rp 50 ribu untuk jenis tertentu yang sudah berukuran dewasa. “Karena stoknya sangat banyak, sedangkan daya beli masyarakat sekarang ini sedang anjlok,” duga Taufiq.

Namun, sambung mantan pengelola beberapa media di Grup Jawa Pos itu, masyarakat dituntut untuk jeli dalam memborong Begonia Rex. “Untuk transaksi online, saya sarankan membeli batang yang berusia remaja saja,” katanya. Hal itu dimaksudkan agar kemungkinan hidupnya lebih besar. “Akar dan batang Begonia Rex yang masih baby, sangat lembut. Jadi, lebih rentan mati,” alasan dia.

Taufiq menambahkan, penggemar Begonia Rex sebaiknya meminta rekomendasi kepada pengelola atau admin komunitas Begonia, jika berniat membeli secara online. “Agar terhindar dari aksi penipuan,” ujar dia.

Begonia Club yang didirikannya sejak awal Januari yang lalu, misalnya, kini beranggotakan lebih dari 11 ribu akun. “Saya serinf memberi rekomendasi kepada anggota Begonia Club yang berniat membeli atau menambah koleksi Begonianya. Umumnya mereka puas atas pelayanan pembudidaya yang kami rekomendasikan tersebut,” kata Taufiq.

Agar tidak merugikan pihak lain, maka Taufiq mengambil sikap tegas atas pedagang abal-abal yang menyusup ke komunitasnya. “Begitu ada konfirmasi perbuatan curang yang masuk, saya segera melacaknya. Jika memang benar informasi tersebut, saya langsung menghapus keanggotaannya tanpa kompromi,” ungkap dia. (Sulaiman)