Menlu Rusia: Tepati Janji harus Menjadi Prioritas Utama Taliban

MOSKOW-KEMPALAN: Menurut Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, sangat penting bagi Taliban untuk menepati “Janjinya”....

Menlu Rusia: Tepati Janji harus Menjadi Prioritas Utama Taliban

MOSKOW-KEMPALAN: Menurut Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, sangat penting bagi Taliban untuk menepati “Janjinya”. Pihak Rusia bersama dengan AS, Tiongkok dan Pakistan dipastikan akan bekerja sama untuk memastikan Taliban menjaga dan menepati janjinya terkait adanya pemerintahan yang inklusif dan mewakili semua kalangan serta mencegah adanya kekerasan kepada warga Afghanistan.

Lavrov mengatakan bahwa Rusia berbarengan dengan AS, Tiongkok dan Pakistan sedang berkontak erat untuk membahas isu mengenai Afghanistan. Ia mengatakan bahwa perwakilan dari keempat negara telah melakukan kunjungan ke Qatar dan kemudian ke ibukota Afghanistan, Kabul untuk bekerja sama dan melakukan dialog dengan pihak Taliban.

Lavrov mengatakan bahwa pada saat ini, kabinet yang diumumkan oleh Taliban sangat tidak merefleksikan semua kalangan yang ada di Afghanistan yang sangat diversifikasi serta etnoreligi. Kemudian ia juga menanggapi bahwa akan menjadi sangat penting bagi Taliban untuk dapat menjaga kehidupan bernegara yang bebas dan aman bagi semua kalangan baik anak-anak, perempuan hingga lainnya.

“Apa yang menjadi sangat penting bagi Taliban adalah menjaga dan memastikan janjinya untuk dapat terlaksana. Bagi kami, hal itu menjadi prioritas utama yang wajib dilakukan Taliban” ucap Lavrov.

Sebelumnya, ketika Taliban baru saja berkuasa, pihaknya berjanji untuk mendirikian pemerintahan yang inklusif dan lebih “Moderat” dibandingkan rezim sebelumnya ketika hak-hak perempuan dilanggar dan banyaknya kekerasan yang terjadi.

Namun, hingga saat ini, omongan Taliban belum atau mungkin tidak terlaksana karena hampir semua janji yang ada telah dilanggar sehingga mendapatkan respons dari negara-negara di dunia. (Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Editor: Reza Maulana Hikam