Kasus Pencurian Marak Terjadi di Haltim

Maba, Maluku Utara- Kasus pencurian kembali marak terjadi di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Sejak dua […]

Kasus Pencurian Marak Terjadi di Haltim

Maba, Maluku Utara- Kasus pencurian kembali marak terjadi di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Sejak dua bulan terakhir, Polres Haltim menangani tiga kasus pencurian di Haltim.

Itu diungkapkan Kapolres Haltim AKBP Edy Sugiharto pada jumpa pers yang dilaksanakan di Aula Tribarata  Mapolres Haltim, Sabtu (17/07/2021).

Kapores Haltim mengatakan, sebanyak tiga kasus pencurian yang berhasil di lungkap pihak kepolisian, dimana kasus tersebut terjadi dalam waktu yang berentetan dengan  pelaku yang berbeda-beda.

“Ada tiga kasus pencurian yang berhasil kita ungkap, pelakunya berbeda-beda. Kasus yang berhasil kita ungkap adalah kasus pencurian sepeda motor, kasus pencurian TV merek LG, dan kasus pencurian sejumlah barang berharga berupa laptop merek Asus, HandPhone dan uang tunai,” ungkap Kapolres.

Dikatakan, kasus pencurian kendaraan roda dua juga terjadi pada hari Minggu (27/06/2021). Lokasi pencurian di belakang kantor Polres Haltim.

Pencurian terjadi, lanjut Kapolres, saat pemilik kendaraan bernama Wawan (19) mengunjungi rekannya di asrama Polres dan motornya yang bermerek Zupiter Z dengan nomor polisi DG 5221KA  diparkr di belakang Kantor Polres, namun setelah kembali dia tidak menemukan lagi motornya.

”Pelaku pencurian motor itu dua orang inisial RG (19) dan FY (18) dengan modus operandinya merusak kontak kemudian menghidupkan dan menyambungkan kabel lalu membawa lari kendaraan. Tapi keduanya sudah kita tangkap,” ujarnya.

Kasus kedua yang dungkap, lanjut Kapolres yaitu kasus pencurian satu buah Laptop merek Asus, uang tunai Rp 530.000 dan 10 buah  handphone milik korban  atas nama Kaya Weka (58 thn).

Pada Kasus ini polisi mengamankan dua tersangka yakni inisial DS (36 thn) dan YW (21 thn), pada Selasa (06/07/2021).

Keduanya diciduk polisi sekitar pukul 02.00 WIT setelah mendapat laporan dari menantu korban bernama Kamarudin. “Para pencuri melakukan aksi dengan cara menjebol jendela rumah korban kemudian masuk dan mengambil barang-barang korban,” ungkap Kapolres.

Selain dua kasus tersebut, Polres Haltim juga berhasil mengamankan pelaku inisial RM dan FP (14) dalam kasus pencurian 1 buah TV merek LG ukuran 42 inci milik  korban atas nama Sukur Kabir, warga Buli Karya, Kecamatan Maba. ”Pencurian terjadi pada Selasa (06/07/2121) pukul 20.00 WIT.
Mendapati TV-nya tidak ada lagi sepulang dari kerja, korban langsung melapor ke Mapolres.

“Atas perbuatan mereka, pelaku diancam pasal 33 ayat 1, pasal 3 A dan 3 E, Jo pasal 64 ayat 1 KUHP dengan ancaman penjara minimal 7 tahun, maksimal 15 tahun Penjara.

Pada kesempatan jumpa pers tersebut, Kasat Reskrim Polres Haltim, IPTU Abu Jubair Latupono mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus pencurian itu karena diduga ada kelompok lainnya yang juga melakukan aksi kejahatan serupa.

“Kita juga dalam kasus ini masih melakukan pengembangan karena diduga ada kelompok lain yang melakukan operasi pencurian, sehingga kita masih melakukan pengejaran. Namun sejauh ini kita belum menemukan bukti  ada penadah dalam kasus ini,” ujarnya. (RH-1)