BPKP Kawal Penyaluran Beras kepada KPM dan PKH di Kota Ternate

Ternate, Maluku Utara- Badan Urusan Logistik (BULOG) Kota Ternate bersama Pemkot Ternate, pada Senin (19/7/2021) […]

BPKP Kawal Penyaluran Beras kepada KPM dan PKH di Kota Ternate

Ternate, Maluku Utara- Badan Urusan Logistik (BULOG) Kota Ternate bersama Pemkot Ternate, pada Senin (19/7/2021) menggelar peluncuran program penyaluran  bantuan beras Bulog untuk Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (KPM-BLT) dan PKH (Program Keluarga Harapan) di Gudang Bulog Ternate,

Acara tersebut disaksikan oleh  Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara (Malut) yang akan mengawasi penyaluran bantuan tersebut.

Program tersebut diselenggarakan dalam rangka penerapan PPKM serta antisipasi perpanjangan PPKM darurat yang akan segera diputuskan oleh pemerintah, serta menindaklanjuti instruksi Presiden agar bantuan sosial segera disalurkan hari ini.

Peluncuran itu dihadiri oleh Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo,  Kepala Dinas Sosial Kota Ternate Burhanuddin Abdul Kadir, Kepala Subdivre Bulog Ternate launching Bantuan Beras PPKM 2021 untuk KPM PKH dan BST Provinsi Maluku Utara Armin Banjar, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Ternate.

Pada kesempatan itu, Kepala Subdivre Bulog Ternate, Armin Banjar menyampaikan, Proses pelaksanaan kegiatan penyaluran bantuan beras pihaknya menemui beberapa kendala pendistribusian, antara lain  surat Kemensos yang terlambat diterima Perum BULOG  sehingga pelaksanaannya tidak secara bersamaan  waktunya sesuai surat Kemensos ke Dinsos Prov/Kab/Kota serta para Pendamping PKH maupun Pencatan Bantuan Sosial Tunai.

Selain itu,  adanya perbedaan data KPM penerima antara Dinsos dan Bulog.

Armin menambahkan, dalam menghadapi hambatan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos Prov/Kab/Kota serta tenaga pendamping agar bantuan tersebut segera disalurkan.

“Namun sampai saat ini belum ada arahan ataupun Juknis pelaksanaan, sehingga pelaksanaan penyaluran bantuan diminta untuk ditunda. Kita akan  melaksanakan koordinasi lanjutan dengan Gubernur, Walikota dan Bupati, agar bisa ada solusi pelaksanaan penyaluran bantuan ini,”ujar Armin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto berkomitmen untuk ikut mengawasi penyaluran sesuai dengan amanat presiden.

Aryanto berjanji  BPKP akan membantu mengkoordinasikan hambatan tersebut agar penyaluran dapat tersebar dalam skala luas. “Penyaluran ini harus sesuai dengan akuntabilitas,” ujar Aryanto di sela-sela acara

Sementara, Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman dalam kesempatan itu berharap  bantuan yang disalurkan tersebut dapat bermanfaat bagi keluarga penerima atau warga yang terdampak Covid-19.

“Semoga penyaluran ini akan berjalan dengan lancar, dan masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya

Di akhir agenda ini dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada beberapa warga Kota Ternate. (Alfian’-1)